DAMPAK ROBOHNYA 3 JEMBATAN PENGHUBUNG ANTAR DESA DI KELURAHAN KOTALAMA


Bulan februari tahun 2016 pada saat itu curah hujan cukup tinggi yang mengakibatkan diberbagai daerah di Indonesia terkena banjir khususnya Kelurahan Kotalama Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Untuk banjir tahun ini sangat berbeda dengan banjir sebelumnya salah seorang warga Kelurahan Kotalama ini menuturkan setelah lima belas (15) tahun terakhir, banjir sekarang ini merupakan banjir yang terdahsyat yang pernah kami rasakan.

Banjir tidak dapat dielakkan lagi karena kelurahan Kota Lama dibelah oleh aliran sungai Rokan. Meluapnya sungai rokan ini menimpa 925 Kepala Keluarga (KK), tidak hanya rumah-rumah, Fasilitas Umum, Rumah Ibadah, ternak, dan lahan pertanian saja yang digenangi air, bahkan tiga jembatan penghubung antar desa dan Kecamatan roboh akibat tergerus arus banjir. Hal ini berdampak langsung bagi perekonomian warga Kota Lama.

  1. Dari jumlah penduduk 14.356 jiwa 85% mata pencaharaian penduduk Kelurahan Kotalama ini adalah Petani/Pekebun Kelapa Sawit, setelah robohnya tiga jembatan penghubung ini perekonomian masyarakat lumpuh total, ada sebanyak 1250 Kepala Keluarga (KK), ± 2700 Ha Kebun Kelapa Sawit KKPA (Kelompok Koperasi Primer Anggota) KSU Sumber Rezeki dan 1200 Ha Lahan Pribadi masyarakat turut merasakan dampaknya. Yang biasanya mobil melewati jembatan ini sebanyak 150 mobil/hari yang bermuatan 8 ton per mobil (1200 ton) baik itu mobil masyarakat atau KUD menuju PT. EKA DURA INDONESIA lumpuh total.
  2. Tidak hanya Petani/Pekebun saja merasakan dampaknya tetapi masyarakat desa tetangga sebanyak 5 desa juga merasakan karna Sembilan bahan pokok (sembako) harganya melambung tinggi dan sulit dicari disebabkan akses kendaraan yang membawa semabako ke desa tadi harus melalui jalan lain yan berjarak cukup jauh.
  3. Dari segi pendidikan dampak tiga jembatan yang roboh, anak-anak sekolah mulai dari tingkat SLTP dan SMA sulit melalui jembatan ini menuju ke sekolah mereka.

 

Dari dampak banjir yang merobohkan tiga jembatan ini, Harapan masyarakat terhadap Pemerintah agar cepat tanggap tentang kondisi robohnya jembatan di Kelurahan Kotalama mengingat menyangkut hajat hidup orang banyak.

Agenda

Our Gallery

Video